Thursday, January 9, 2014

Menteri Nuh: Ujian Nasional SD-Sederajat Dihapus!


Menteri Nuh: Ujian Nasional SD-Sederajat Dihapus!
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Sampang - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, menegaskan mulai 2014 mendatang ujian nasional tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dihapus. "UN SD diganti ujian sekolah," kata Nuh saat berkunjung ke Pondok Pesantren Jarongan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Kamis, 26 Desember 2013. (Baca juga: Mutu Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia)


Menurut Nuh, penghapusan UN di tingkat SD dan MI ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2012. Dalam PP itu dijelaskannya bahwa pelaksanaan ujian sekolah pengganti UN diserahkan kepada masing-masing provinsi. "Lulus tidak siswa diserahkan kepada masih-masih sekolah," ujarnya.

Kendati UN dihapus, lanjut Nuh, untuk pembuatan soal ujian masih ditentukan secara nasional oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Hanya dalam muatan materi soal komposisi tetap menganut sistem 25 persen bahan dari pusat dan 75 persen dibuat masing-masing daerah. (Baca juga: Aturan SNMPTN 2014 Berubah)

"Komposisi ini penting untuk menjaga standar kelulusan karena setiap daerah mempunyai kualitas pendidikan yang berbeda," kata dia.

MUSTHOFA BISRI

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/12/27/079540391/Menteri-Nuh-Ujian-Nasional-SD-Sederajat-Dihapus

No comments:

Post a Comment