Pendekatan saintifik dan rpp kurikulum 2013
Kurikulum 2013 sudah diluncurkan sejak pertengahan tahun
ini. Tidak ada perubahan berarti di dalamnya, namun menekankan pada
pendidikan karakter atau sikap katanya. Padahal, pada kurikulum KTSP
lalu pun, pendidikan berkarakter sudah menerapkannya. Lalu apa yang
berubah? Adalah proses dalam mengajar dan belajar, kemudian perangkat
pembelajaran.
Proses pembelajaran dalam kurikulum 13 kini pun, sebenarnya
bukan hal yang baru bagi kita para pengajar. Di dalam proses KTSP dahulu
sudah ada yang namanya EEK (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
Proses pembelajaran tersebut, kini dipecah kembali yang dinamakan proses
pendekatan ilmiah (scientific approach)/pendekatan
saintifik (5M). Di dalamnya terdapat langkah-langkah yang meliputi
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.
Begitupun dengan ranah yang akan dijadikan target dalam pembelajaran. Dalam KTSP dikenal dengan nama kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Sekarang disebut dengan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tidak ada perbedaannya, bukan?
Berikut ini adalah contoh terbaru format rpp yang diluncurkan oleh Kemendikbud.
Begitupun dengan ranah yang akan dijadikan target dalam pembelajaran. Dalam KTSP dikenal dengan nama kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Sekarang disebut dengan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tidak ada perbedaannya, bukan?
Berikut ini adalah contoh terbaru format rpp yang diluncurkan oleh Kemendikbud.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Satuan Pendidikan : SMA PB. Soedirman 2 Bekasi
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Menyunting teks laporan observasi
Alokasi Waktu :
1 Pertemuan (2 Jam
Pelajaran x 45 menit)
A. Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Pencapaian
Indikator Kompetensi
1.1
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
3.3 Menganalisis teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1)
Menganalisis
struktur teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan
2)
Menganalisis
kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
1) Menyunting teks laporan hasil
observasi sesuai dengan struktur dan kaidah/ciri bahasa teks baik secara lisan
maupun tulisan
C. Tujuan
Setelah proses
mengamati berbagai fakta, menanya konsep, mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
1.
mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks laporan hasil observas
2.
menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.
menganalisis struktur
dan kaidah teks hasil laporan observasi
4.
menyunting teks hasil
laporan observasi
D.
Materi
Pembelajaran
1.Fakta
Teks Laporan Hasil Observasi teman
tentang “Pengelompokkan Berbagai Jenis Minuman” (halaman 33)
2.Konsep
a.
Menganalisis teks adalah
mencari struktur dan kaidah bahasa yang ada di dalam teks laporan hasil
observasi
b.
Menyunting teks laporan
hasil observasi adalah memperbaiki teks sesuai dengan struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi
3.Prinsip
a)
Menganalisis isi teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan kaidah dari teks hasil laporan
observasi
b)
Struktur teks laporan
hasil observasi
Struktur teks
laporan berisi:
-
Pernyataan Umum/
klasifikasi
-
Aspek yang dilaporkan
-
Aspek yang dilaporkan
-
Aspek yang dilaporkan
c.
Kaidah/ciri bahasa teks
laporan hasil observasi
-
Menggunakan EYD
-
Kalimat simpleks dan
kalimat kompleks
-
Kalimat definisi
-
Kalimat deskripsi
-
dll.
4.Prosedur
a)
Langkah-langkah untukmenganalisis
isi struktur dan kaidah teks hasil laporan observasi
b)
Langkah-langkah untuk
menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan kaidah/ciri bahasa teks
laporan hasil observasi
E. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
- Model Pembelajaran : inquiry, cooperative integrated reading and composition (circ)
3.
Metode : inkuiri, dikusi,
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media: Power Point,
2.
Alat: LCD,
laptop, teks laporan hasil observasi,
3.
Sumber Belajar
· Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.
· Hatikah, Tika,Mulyanis, Kissumi Dwiyananingsih. 2013. Bahasa
Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensykuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya.
2.
Peserta
didik menerima informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
3.
Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta
didik mengambil undian bertuliskan nomor 1,2,3,4.
5.
Peserta
didik bekelompok sesuai dengan nomor yang sama dengan proaktif.
6.
Peserta didik menukar teks hasil laporan
observasi dengan teman sekelompok yang telah dibuat sebelumnya mengenai
pengelompokkan berbagai jenis minuman secara proaktif
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Peserta
didik membaca teks laporan hasil
observasi yang telah ditukar dengan disiplin
(mengamati).
2. Peserta
didik mencermati struktur dan kaidah/ciri
bahasa teks laporan hasil observasi dengan disiplin (mengamati).
3. Peserta didik bertanya
jawab dengan proaktif tentang struktur dan kaidah/ciri bahasa
teks laporan hasil observasi
dengan disiplin (menanya).
4. Peserta
didik menganalisis isi teks hasil laporan observasi berdasarkan struktur dan
kaidah teks laporan observasi dengan tanggung
jawab (menalar)
5. Peserta didik mencoba
menyunting teks laporan hasil observasi milik teman sesuai kaidah/ciri bahasa
dari teks laporan hasil observasi dengan proaktif
dan tanggung jawab (mencoba)
6.
Secara bergantian beberapa anak membacakan hasil penyuntingan di depan
kelas dengan menggunakan bahasa yang santun
dan bertanggung jawab (mengomunikasikan)
7.
Peserta didik lainnya menanggapi pembacaan hasil penyuntingan temannya
dengan jujur dan proaktif .
|
10 menit
10 menit
10 menit
15 menit
20 menit
10 menit
5 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.
Siswa
melakukan evaluasi pembelajaran.
3.
Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4.
Siswa
menyepakati tugas portofolio, yakni menyunting teks laporan hasil observasi
sesuai dengan struktur dan ciri bahasa dalam teks laporan hasil observasi yang
dibacanya.
|
10 menit
|
A.
Penilaian Autentik
1. Penilaian proses
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
2.
|
Tanggung jawab
|
|||
3.
|
Disiplin
|
|||
4.
|
Proaktif
|
|||
5.
|
Jujur
|
*lembar pengamatan
terlampir
2.
Penilaian Hasil
a. Penilaian
Pengetahuan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menganalisis
struktur teks laporan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Analisislah isi struktur teks hasil laporan
observasi tersebut!
|
2.
|
Menganalisis kaidah/ciri
bahasa teks laporan hasil observasi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Analisislah
kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi!
|
b. Penilaian
Keterampilan
3.
|
Menyunting teks laporan
hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah/ciri bahasanya.
|
Tes tertulis
|
uraian
|
Suntinglah
teks laporan hasil observasi teman kalian sesuai dengan struktur dan kaidah/ciri bahasanya!
|
4.
|
Membacakan hasil
penyuntingan dengan menggunakan bahasa yang santun
|
Tes lisan
|
Bacalah
hasil penyuntingan kalian di depan kelas dengan menggunakan bahasa yang
santun!
|
B.
Kunci jawaban
Soal no.1: Menganalisis isi teks berdasarkan
struktur
Struktur
|
Bagian Teks
|
-
Pernyataan Umum/ klasifikasi
|
|
-
Aspek yang dilaporkan
|
|
-
Aspek yang dilaporkan
|
|
-
Aspek yang dilaporkan
|
Soal no. 2: Menganalisis isi teks berdasarkan
kaidah/ciri bahasa
Kaidah
|
Bagian teks
|
Sesuai EYD
|
|
Kalimat definisi
|
|
Kalimat deskripsi
|
|
Kalimat simpleks
|
|
Kalimat kompleks
|
Soal no.3
Kaidah
|
Bagian teks yang salah
|
Perbaikan teks
|
Sesuai EYD
|
||
Kalimat definisi
|
||
Kalimat deskripsi
|
||
Kalimat simpleks
|
||
Kalimat kompleks
|
C.
Pedoman Penskoran
No.
Soal
|
Petunjuk
Penskoran
|
Skor
|
1.
|
Tepat
|
3
|
Kurang
tepat
|
2
|
|
Tidak
tepat
|
1
|
|
2.
|
Tepat
|
3
|
Kurang
tepat
|
2
|
|
Tidak
tepat
|
1
|
|
3.
|
Tepat
|
3
|
Kurang
tepat
|
2
|
|
Tidak
tepat
|
1
|
|
4
|
Tepat
|
3
|
Kurang
tepat
|
2
|
|
Tidak
tepat
|
1
|
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor x 100
Jmlh skor maksimal
Bekasi, Oktober 2013
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Ina Putri Wulandari, S. Pd
Demikianlah sekilas informasi tentang pengembangan kurikulum 2013. Semoga bermanfaat! ^^
Sumber : http://missinaputri.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment