Monday, June 30, 2014

Contoh Pendekatan Saintifik dan RPP Kurikulum 2013

              Kurikulum 2013 sudah diluncurkan sejak pertengahan tahun ini. Tidak ada perubahan berarti di dalamnya, namun menekankan pada pendidikan karakter atau sikap katanya. Padahal, pada kurikulum KTSP lalu pun, pendidikan berkarakter sudah menerapkannya. Lalu apa yang berubah? Adalah proses dalam mengajar dan belajar, kemudian perangkat pembelajaran. 
           Proses pembelajaran dalam kurikulum 13 kini pun, sebenarnya bukan hal yang baru bagi kita para pengajar. Di dalam proses KTSP dahulu sudah ada yang namanya EEK (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi). Proses pembelajaran tersebut, kini dipecah kembali yang dinamakan proses pendekatan ilmiah (scientific approach)/pendekatan saintifik (5M). Di dalamnya terdapat langkah-langkah yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.
             Begitupun dengan ranah yang akan dijadikan target dalam pembelajaran. Dalam KTSP dikenal dengan nama kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Sekarang disebut dengan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tidak ada perbedaannya, bukan?

            Berikut ini adalah contoh terbaru format rpp yang diluncurkan oleh Kemendikbud.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Satuan Pendidikan          : SMA PB. Soedirman 2 Bekasi
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                            : X/1
Materi Pokok                              : Menyunting teks laporan observasi
Alokasi Waktu                            : 1 Pertemuan (2 Jam Pelajaran x 45 menit)
A.    Kompetensi Inti               :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
                                       
B.     Kompetensi Dasar dan Pencapaian Indikator Kompetensi
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
   3.3 Menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan  negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1)   Menganalisis struktur teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan
2)   Menganalisis kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan
     4.3  Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
                           1) Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah/ciri bahasa teks baik secara lisan maupun tulisan
C.    Tujuan  
Setelah proses mengamati berbagai fakta, menanya konsep, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
           1.       mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks laporan hasil observas
           2.       menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
           3.       menganalisis struktur dan kaidah teks hasil laporan observasi
           4.       menyunting teks hasil laporan observasi
D.    Materi Pembelajaran
1.Fakta
      Teks Laporan Hasil Observasi teman tentang “Pengelompokkan Berbagai Jenis Minuman” (halaman 33)
2.Konsep
a.    Menganalisis teks adalah mencari struktur dan kaidah bahasa yang ada di dalam teks laporan hasil observasi   
b.   Menyunting teks laporan hasil observasi adalah memperbaiki teks sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
3.Prinsip
a)    Menganalisis isi teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan kaidah dari teks hasil laporan observasi
b)   Struktur teks laporan hasil observasi
Struktur  teks laporan berisi:
-          Pernyataan Umum/ klasifikasi
-          Aspek yang dilaporkan
-          Aspek yang dilaporkan
-          Aspek yang dilaporkan
c.    Kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi
-          Menggunakan EYD  
-          Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
-          Kalimat definisi
-          Kalimat deskripsi
-          dll.
4.Prosedur
a)      Langkah-langkah untukmenganalisis isi struktur dan kaidah teks hasil laporan observasi
b)      Langkah-langkah untuk menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi
    
E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Saintifik
  1. Model Pembelajaran   : inquiry, cooperative integrated reading and composition (circ)
3.      Metode                        : inkuiri, dikusi, penugasan
F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Power Point,
2.      Alat: LCD,  laptop, teks laporan hasil observasi,
3.      Sumber Belajar
·      Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Hatikah, Tika,Mulyanis, Kissumi Dwiyananingsih. 2013. Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon  salam tanda mensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik mengambil undian bertuliskan nomor 1,2,3,4.
5.   Peserta didik bekelompok sesuai dengan nomor yang sama dengan proaktif.
6.   Peserta didik menukar teks hasil laporan observasi dengan teman sekelompok yang telah dibuat sebelumnya mengenai pengelompokkan berbagai jenis minuman secara proaktif
10  menit
Inti
1.      Peserta didik membaca teks laporan hasil observasi yang telah ditukar dengan disiplin (mengamati).
2.      Peserta didik mencermati struktur dan kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan disiplin (mengamati).
3.      Peserta didik bertanya jawab dengan proaktif tentang struktur dan kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan disiplin (menanya).
4.      Peserta didik menganalisis isi teks hasil laporan observasi berdasarkan struktur dan kaidah teks laporan observasi dengan tanggung jawab (menalar)
5.      Peserta didik mencoba menyunting teks laporan hasil observasi milik teman sesuai kaidah/ciri bahasa dari teks laporan hasil observasi dengan proaktif dan tanggung jawab (mencoba)
6.      Secara bergantian beberapa anak membacakan hasil penyuntingan di depan kelas dengan menggunakan bahasa yang santun dan bertanggung jawab (mengomunikasikan)
7.      Peserta didik lainnya menanggapi pembacaan hasil penyuntingan temannya dengan jujur dan proaktif .
10 menit
10 menit
10 menit
15 menit
20 menit
10 menit
5 menit
Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
3.      Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Siswa menyepakati tugas portofolio, yakni menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan ciri bahasa dalam teks laporan hasil observasi yang dibacanya.
10 menit 
A.     Penilaian Autentik
1.       Penilaian proses  
Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan
2.
Tanggung jawab
3.
Disiplin
4.
Proaktif
5.
Jujur
*lembar pengamatan terlampir
2.       Penilaian Hasil
a.       Penilaian Pengetahuan
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menganalisis struktur teks laporan
Tes tulis
Uraian
Analisislah isi struktur teks hasil laporan observasi tersebut!
2.
Menganalisis kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi
Tes tulis
Uraian
Analisislah kaidah/ciri bahasa teks laporan hasil observasi!
            b. Penilaian Keterampilan
3.
Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah/ciri bahasanya.
Tes tertulis
uraian
Suntinglah teks laporan hasil observasi teman kalian sesuai dengan struktur dan kaidah/ciri bahasanya!
4.
Membacakan hasil penyuntingan dengan menggunakan bahasa yang santun
Tes lisan
Bacalah hasil penyuntingan kalian di depan kelas dengan menggunakan bahasa yang santun!
B.     Kunci jawaban
Soal no.1: Menganalisis isi teks berdasarkan struktur
Struktur
Bagian Teks
-   Pernyataan Umum/ klasifikasi
-   Aspek yang dilaporkan
-   Aspek yang dilaporkan
-   Aspek yang dilaporkan
Soal no. 2: Menganalisis isi teks berdasarkan kaidah/ciri bahasa
 Kaidah
Bagian teks
Sesuai EYD
Kalimat definisi
Kalimat deskripsi
Kalimat simpleks
Kalimat kompleks
Soal no.3
Kaidah
Bagian teks yang salah
Perbaikan teks
Sesuai EYD
Kalimat definisi
Kalimat deskripsi
Kalimat simpleks
Kalimat kompleks
C.     Pedoman Penskoran
No. Soal
Petunjuk Penskoran
Skor
1.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
2.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
3.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
4
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
   Keterangan
Nilai =   Perolehan skor     x  100      
         Jmlh skor maksimal
                    Bekasi, Oktober 2013
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
                                                                                                          Ina Putri Wulandari, S. Pd
                                               
 Demikianlah sekilas informasi tentang pengembangan kurikulum 2013. Semoga bermanfaat! ^^

Sumber : http://missinaputri.blogspot.com/



No comments:

Post a Comment