Tuesday, April 3, 2012

Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) SD/MI 2012

Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) SD/MI 2012 Ujian Nasional (UN) akan segera dilaksanakan, menurut jadwal sekitar pertengahan bulan April 2012 Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah dasar (SD) dan Madrasyah Ibtidaiyah (MI) akan dilaksanakan. Persiapan pasti sudah mulai dilakukan oleh Bapak Ibu guru, misalnya dengan memberikan pendalaman materi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2012 ini pun kisi-kisi ujian nasional (UN) untuk SD/MI sudah dirilis. Kisi-kisi UN SD/MI bisa dilihat di standar isi 2011-2012. Dengan mengetahui kisi-kisi UN SD/MI tentunya proses persiapan akan lebih bisa tepat sasaran. Berikut ini contoh kisi-kisi UN SD/MI Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia SD/MI, indikator: 1. Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat: • menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa) • membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf • menentukan ide pokok salah satu paragraf • menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf. 2. Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur. 3. Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat. 4. Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat. 5. Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya. 6. dst .... Kisi-kisi UN Matematika SD/MI, Indikator: 1. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah. 2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah. 3. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat. 4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan. 5. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan. 6. dst ... Kisi-kisi UN IPA SD/MI, Indikator: 1. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu 2. Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut 3. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan 4. Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka 5. dst ....

No comments:

Post a Comment