Saturday, August 25, 2012

Download Kisi-Kisi Soal UKG Guru Kelas TK/PAUD

Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online juga diikuti oleh guru-guru kelas Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sesuai dengan jadwal UKG untuk guru TK/PAUD akan ujian secara nasional dilaksanakan pada tanggal 7 - 11 Agustus 2012. Sedangkan secara pasti jadwal dan lokasi ujian terkait individu guru bisa mendapatkan informasi dari Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

Sesuai ketentuan dalam Buku Pedoman UKG, materi tes UKG untuk guru kelas TK/PAUD adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Sedangkan kompetensi profesional terkait dengan perkembangan dan kemajuan terakhir tentang materi, dan penguasaan materi pelajaran yang disaji­kan.

Berikut kutipan Kompetensi Dasar Guru TK/PAUD dan Indikator Esensialnya dari kisi-kisi soal UKG Guru TK/PAUD:

KOMPETENSI GURU PAUD/TK (Kompetensi Dasar)
1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional, moral, dan latar belakang sosial-bu
1.2.Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam bidang Pengembangan. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.

INDIKATOR ESENSIAL
Mendeteksi ciri perkembangan fisik , intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya anak usia 4- 6 tahun.
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini.
Memberi contoh kesulitan anak usia dini dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan sosial-emosional.
Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky).

Selengkapnya kisi-kisi soal UKG untuk Guru Kelas TK/PAUD dapat didownload di link tautan berikut ini:



Nantinya dalam pelaksanaan ujian UKG secara online guru TK/PAUD akan mengerjakan maksimal 100 soal dengan waktu 120 menit. Komposisi instrumen materi tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.

No comments:

Post a Comment